Jejak Sejarah Enting-Enting Gepuk, Jajanan Jadul Legendaris Khas Salatiga

Mesin Waktu Untuk Kembali Ke Masa Kecil

Admin
3 Min Read
Enting-enting gepuk
Sumber Gambar: Arsip Judal Jadul

Di tengah kemeriahan dan keramaian Jakarta Fair 2024, Judal Jadul hadir dengan membawa nuansa nostalgia lewat produk-produk jadul yang selalu berhasil menarik perhatian pengunjung. Salah satu produk andalan yang kami tawarkan tahun ini adalah enting-enting gepuk, kudapan tradisional yang kaya akan cita rasa dan kenangan. Mari telusuri jejak sejarah Enting-enting Gepuk khas Salatiga. 

Sejarah Singkat Enting-Enting Gepuk

Enting-enting gepuk adalah makanan tradisional khas Salatiga, Jawa Tengah. Terbuat dari kacang tanah, gula, vanili, dan sedikit air. Berbentuk prisma segitiga sama kaki dan dibungkus dengan kertas, merupakan ciri khas oleh-oleh asal Salatiga ini. Proses pembuatannya yang unik, yaitu dengan cara dipukul-pukul (gepuk) hingga adonan menjadi padat dan kering, memberikan tekstur yang renyah dan rasa manis yang khas. 

Dikutip dari Detik.com. Awalnya, pembuatan enting-enting gepuk dimulai oleh seorang imigran asal Fukikian China bernama Khoe Choeng Hok. Beliau memulai usahanya pada tahun 1920-an dan proses pembuatanya pertama kali dilakukan di Klenteng Hok Tek Bio, No.13, Salatiga. Oleh karena itu, merek dari enting-enting gepuk tersebut menggunakan nama “Klenteng & 2 Holo” dengan tulisan “Khoe” pada holo kanan dan “Xiong Di Jie Mai” pada holo kiri. Ini melambangkan hubungan persaudaraan (kakak dan adik) yang mencerminkan produksi dari keluarga Khoe. Hoolo sendiri merupakan istilah masyarakat Tionghoa untuk kendi berbentuk labu. 

Kenangan Manis Bersama Enting-Enting Gepuk

Bagi banyak orang, enting-enting gepuk bukan sekadar makanan, tetapi juga pembawa kenangan manis dari masa lalu. Banyak di antara kita yang mengenal enting-enting gepuk sejak kecil, mungkin dari pemberian nenek atau dari warung-warung tradisional di kampung halaman. Ketika menggigit enting-enting gepuk, kita seakan dibawa kembali ke masa-masa itu, saat segalanya terasa lebih sederhana dan penuh kebahagiaan.

Judal Jadul memahami betapa berharganya kenangan tersebut. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk menjaga keaslian rasa dan kualitas enting-enting gepuk khas Salatiga. Setiap gigitan enting-enting gepuk dari Judal Jadul adalah jaminan rasa otentik yang akan mengembalikan memori masa kecil Sobat Jadul.

Enting-Enting Gepuk di PRJ 2024

Judal Jadul hadir di Jakarta Fair Kemayoran Hall C2 dengan stand yang penuh warna dan nuansa nostalgia, Kami mengajak kamu untuk data dan merasakan langsung kenikmatan enting-enting gepuk. Selain bisa membeli untuk dinikmati sendiri, kamu juga bisa menjadikan enting-enting gepuk sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Selain menyasar kalangan yang sudah akrab dengan produk jadul, Judal Jadul juga ingin mengajak generasi muda untuk mengenal dan mencintai enting-enting gepuk. 

Enting-enting gepuk adalah jembatan yang menghubungkan kita dengan masa lalu, dengan kenangan manis yang selalu dirindukan. Melalui Jakarta Fair 2024 Judal Jadul mengajak kamu untuk bernostalgia dan merasakan kembali rasa outentiknya. Datanglah ke stand kami di Hall C2, nikmati dan bawa pulang kenangan manis di setiap produknya. 

Share this Article
Leave a comment
adbanner