Nikmati Kehangatan Minuman Tradisional: Ada Bandrek yang Dijamin Bikin Kamu Melek!

Admin
4 Min Read
Minuman Tradisional Bandrek
Sumber Gambar: Arsip Judal Jadul

Bandrek adalah minuman tradisional khas Indonesia, yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat. Minuman ini dikenal sebagai ramuan herbal yang menghangatkan tubuh dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bandrek telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia, khususnya di daerah pegunungan yang memiliki cuaca dingin. Kini, Judal Jadul hadir untuk melestarikan dan memperkenalkan kembali bandrek kepada generasi muda dengan produk bandrek instan yang praktis dan tetap menjaga keaslian rasanya. Sebelum itu, mari telusuri sejarah dan manfaat si hangat bandrek.

Sejarah Bandrek

Dikutip dari detik.com, bandrek telah ada sejak zaman nenek moyang kita sejak abad 10 hingga abad 20. Dikenal sebagai minuman yang cocok dikonsumsi di daerah dengan suhu dingin. Pada awalnya, bandrek dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapat seperti jahe, gula merah, dan rempah-rempah lainnya. Jahe menjadi bahan utama karena kemampuannya yang ampuh untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

Rempah menjadi primadona, bahkan bandrek merupakan minuman yang mewah dan memiliki harga yang tinggi kala itu. Dalam perkembangannya, bandrek tidak hanya diminum oleh masyarakat Sunda tetapi juga menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, bandrek kini telah dikenal hingga mancanegara sebagai minuman herbal khas Indonesia yang eksotis dan menyehatkan. Keunikan rasa dan manfaatnya membuat bandrek disukai oleh berbagai kalangan, baik muda maupun tua.

Manfaat Bandrek 

Bandrek bukan hanya sekedar minuman penghangat tubuh, tetapi juga memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat bandrek:

  1. Menghangatkan Tubuh

Jahe yang merupakan bahan utama bandrek memiliki sifat termogenik yang dapat meningkatkan suhu tubuh, sangat cocok diminum saat cuaca dingin atau ketika tubuh merasa kedinginan.

  1. Meredakan Masuk Angin

Bandrek sering dikonsumsi saat gejala masuk angin muncul. Kandungan jahe dan rempah-rempah lain dalam bandrek dapat membantu meredakan perut kembung, mual, dan rasa tidak nyaman akibat masuk angin.

  1. Meningkatkan Imunitas

Kandungan antioksidan dalam bandrek dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Minuman ini juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

  1. Mengurangi Stress

Aroma rempah-rempah dalam bandrek memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Minum bandrek dapat menjadi ritual yang menyenangkan untuk merilekskan pikiran setelah seharian beraktivitas.

  1. Melancarkan Pencernaan

Bandrek dapat membantu melancarkan sistem pencernaan karena kandungan jahe yang dikenal dapat merangsang enzim pencernaan dan memperbaiki kesehatan saluran cerna.

Sebagai bentuk pelestarian warisan kuliner Indonesia, Judal Jadul hadir dengan inovasi baru yaitu menjadi distributor bandrek instan. Produk ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern yang ingin menikmati manfaat bandrek secara praktis tanpa harus repot membuatnya dari bahan-bahan mentah. Bandrek instan Judal Jadul tetap mempertahankan keaslian rasa dan manfaat kesehatan bandrek tradisional.

Terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi yang diproses dengan teknologi modern untuk menjaga kandungan nutrisinya. Dalam setiap sachet bandrek instan, terdapat kombinasi sempurna dari jahe, gula merah, dan rempah-rempah pilihan yang memberikan rasa dan aroma autentik.

Bandrek adalah warisan budaya yang perlu dilestarikan dan dibanggakan. Dengan hadirnya bandrek instan, menikmati minuman tradisional ini menjadi lebih mudah dan praktis. Produk ini tidak hanya menawarkan kehangatan dan kenikmatan, tetapi juga berbagai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba bandrek instan Judal Jadul di pameran Jakarta Fair (PRJ) 2024, Hall C2 No. 29 & 30. Rasakan sendiri keajaiban minuman tradisional yang mendunia ini!

Share this Article
1 Comment
adbanner