Sejarah Bajigur: Cerita Menarik di Balik Minuman Tradisional Judal Jadul

Admin
4 Min Read
Bajigur
Sumber Gambar: Freepik

Di tengah hiruk pikuk Jakarta Fair (PRJ), di antara deretan stand makanan kekinian dan modern, Judal Jadul hadir membawa sentuhan nostalgia. Salah satu produk unggulan kami yang selalu menarik perhatian adalah Bajigur Instan, minuman tradisional khas Sunda yang menghangatkan jiwa dan raga.

Lebih dari sekadar minuman, Bajigur menyimpan sejarah panjang dan cerita menarik yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Artikel ini akan mengajak Sobat Jadul menyelami kisah di balik Bajigur, dari asal-usulnya yang sederhana hingga menjadi minuman favorit di Judal Jadul.

Asal Usul Bajigur

Bajigur adalah minuman tradisional khas Sunda yang berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari campuran santan, gula aren, dan rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis, bajigur memiliki cita rasa manis dan hangat yang sangat cocok dinikmati di sore hari atau malam hari.

Konon, Bajigur berawal dari kebiasaan para petani Sunda di Jawa Barat. Di pagi hari sebelum beranjak ke sawah, mereka biasa menikmati air rebusan gula aren hangat untuk menghangatkan tubuh dan memberi energi. Seiring waktu, mereka menambahkan berbagai rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis untuk meningkatkan rasa dan manfaatnya.

Keunikan Bajigur: Perpaduan Rasa dan Manfaat

Bajigur memiliki rasa manis dan gurih yang khas, berasal dari gula aren dan santan yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan daun pandan. Perpaduan ini menghasilkan rasa yang hangat, menyegarkan, dan kaya rempah yang tidak hanya lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Jahe dalam Bajigur dipercaya dapat membantu meredakan masuk angin, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melancarkan pencernaan. Santan memberikan rasa gurih dan creamy, serta kaya akan vitamin dan mineral. Daun pandan menambahkan aroma harum yang khas dan menyegarkan.

Evolusi Bajigur: Dari Tradisional ke Modern

Seiring perkembangan zaman, bajigur mulai sulit ditemukan, terutama di perkotaan. Generasi muda yang sibuk dengan aktivitas modern lebih memilih minuman instan yang praktis. Melihat fenomena ini, Judal Jadul berinisiatif untuk melestarikan bajigur dengan mendistribusikan bajigur instan versi bubuk. Produk ini memadukan keautentikan rasa tradisional dengan kemudahan penyajian yang sesuai dengan gaya hidup modern.

Bajigur instan versi bubuk dibuat dengan bahan-bahan alami pilihan, tanpa pengawet dan pewarna buatan. Setiap sachet mengandung campuran santan bubuk, gula aren, dan rempah-rempah berkualitas yang dikeringkan dengan teknologi modern untuk menjaga keaslian rasa. Hanya dengan menambahkan air panas, kamu dapat menikmati bajigur yang nikmat kapan saja dan di mana saja.

Pada tahun ini, Judal Jadul turut serta dalam pameran di Jakarta Fair (PRJ). Sebagai ajang pameran terbesar di Indonesia, PRJ menjadi tempat yang tepat bagi Judal Jadul untuk memperkenalkan produk-produk jadul yang berkualitas tinggi, termasuk bajigur instan versi bubuk. Kami mengundang semua pengunjung untuk datang ke stand Judal Jadul di Jakarta Fair 2024 Hall C2 dan merasakan langsung kelezatan bajigur yang autentik.

Bajigur adalah lebih dari sekadar minuman, ia adalah simbol dari budaya, filosofi, dan kenangan masa lalu yang patut dilestarikan. Melalui inovasi bajigur instan versi bubuk, Judal Jadul berkomitmen untuk menjaga warisan ini tetap hidup di tengah arus modernitas. Mari bersama-sama menjaga dan menikmati keindahan tradisi dengan produk-produk dari Judal Jadul. Sampai jumpa di Jakarta Fair (PRJ)!

Dengan semangat melestarikan dan menikmati warisan budaya, Judal Jadul hadir untuk kamu. Nikmati kelezatan tradisional dalam setiap tegukan bajigur.

Share this Article
Leave a comment
adbanner